Rabu, 29 Januari 2014

Anagram

 
Kali ini penulis akan membahas mengenai anagram. Kode ini sudah bersifat universal dan telah menjadi salah satu permainan kata yang cukup menarik bagi setiap orang . Walaupun sederhana, kode ini cukup menyulitkan orang-orang untuk memecahkannya dalam segi waktu dan tenaga. Cukup dalam segi pemahaman dasar yang perlu diingat dalam kode ini.  Hal ini tentunya menjadi wajib untuk dipelajari dalam dunia detective.




Jika anda penggemar novel Dan brown yang berjudul The Davinci Code, pasti anda akan mengenal apa itu anagram. Di novel itu, Anagram menjadi sebuah pesan kematian. Di dalam film/novel Harry Potter II juga terdapat anagram, yaitu pada saat harry potter berada di dalam kamar rahasia.
Anagram adalah sejenis permainan acak kata sehingga suatu kata baik beraturan atau tidak, dapat diubah ke bentuk kata lainnya yang bermakna. Kata anagram ini berasal dari bahasa Latin anagramma, atau dari bahasa Yunani anagrammatismos, ana- berarti ‘lagi, baru’ sementara -gram berarti ‘huruf’. Tujuan anagram ini adalah untuk menyamarkan suatu pesan tertentu.
Contoh anagram yaitu sebagai berikut :
Tom Marvolo Riddle   =   I am lord Voldemort
William Shakespeare  =  Willie makes a phrase
Lemon                      =  Melon
Gabus                       =   Bagus

Anagram juga dapat berupa kata tak beraturan seperti :

cisned tteleveit  =  Silent Detective

sumber:  http://silent-detective.blogspot.com/2012/09/anagram.html






0 komentar:

Posting Komentar